HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP KEMAMPUAN MENGAJAR GURU PENJAS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN ATLETIK DI SMP NEGERI 1 NGAGLIK.

Eris Sandhi Widyasto, Eddy Purnomo

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel persepsi siswa
terhadap kemampuan mengajar dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran atletik di SMP
Negeri 1 Ngaglik.
Desain  dalam penelitian ini adalah korelasional dengan pendekatan kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII  di SMP Negeri 1 Ngaglik. Teknik
sampling diambil menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling, dengan
jumlah sampel sebanyak 101. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
survey. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket sebanyak 37 butir pernyataan. Uji
coba instrumen penelitian dilakukan pada 32 siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Ngaglik.
Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi dan korelasi
secara sederhana, dengan uji normalitas dan linieritas.
Hasil hipotesis diperoleh harga  𝑟ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔= 0,966 dengan r(0,05)(99)= 0,195. Hasil
tersebut  dapat disimpulkan Ada hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap
kemampuan mengajar dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran atletik di SMP Negeri 1
Ngaglik.

Kata kunci: Hubungan, Persepsi, Hasil Belajar Siswa



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.