PERSEPSI SISWA KELAS VIII TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SMP N 2 TEMPEL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Rio Taovan, Subagyo .

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa kelas VIII terhadap pembelajaran
pendidikan jasmani di SMP N 2 Tempel daerah istimewa Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode survey, populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII terdiri dari
128 siswa diambil 50% dari keseluruhan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket.
Instrumen angket dalam penelitian ini menggunakan angket yang telah dibuat oleh Yoga Mukti
Nugraha, mahasiswa FIK UNY angkatan 2006, yang kemudian melalui tahap expert judgement dengan
uji Reliabilitas sebesar 0,948 dan uji coba instrumen memilih sekolah dengan karakteristik siswa yang
hampir sama dengan sekolah yang akan diteliti. Dalam penelitian ini angket yang digunakan adalah
angket tertutup, cara ini dapat memudahkan responden untuk mengisinya. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa persepsi siswa kelas VIII SMP N 2 tempel berkategori baik, dilihat dari tabel
presentase dari 59 siswa terdapat 17 siswa  yang mendapat kategori sangat baik dengan presentase
28,81%, 39 siswa berkategori baik dengan presentase 66,10%, 3 siswa berkategori sedang dengan
presentase 3,09%, 0 siswa berkategori kurang dengan presentase 0,00%, dan 0 siswa berkategori kurang
baik dengan presentase 0,00%.
Kata Kunci : persepsi, pembelajaran, pendidikan jasmani

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.