TANGGAPAN PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN PJOK MENGGUNAKAN SPORT EDUCATION MODEL DI KELAS IX H SMPN 1 AMBAL TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Mukti Prima Atmaja, Suhadi .

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya empat masalah yaitu : (1) Peserta didik SMPN 1
Ambal datang ke lapangan berkeinginan untuk bermain cabang olahraga. (2) Peserta didik malas
apabila diberikan materi. (3) Di sekitar SMPN 1 Ambal sering diadakan turnamen bola voli antar
kampung.  (4) Guru Pjok SMPN 1 Ambal belum menggunakan sport education model.  Tujuan dari
penelitian ini yaitu untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap pembelajaran PJOK menggunakan
sport education model di kelas IX H SMPN 1 Ambal tahun pelajaran 2017/2018. Setelah diketahui
tingkat tanggapan siswa terhadap pembelajaran PJOK menggunakan sport education model maka
dapat diambil kesimpulan bahwa sport education dapat diterapkan di SMPN 1 Ambal atau tidak.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik
pengambilan data menggunakan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX H
SMPN 1 Ambal tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 32 peserta didik. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran PJOK menggunakan sport
education model di kelas IX H SMPN 1 Ambal tahun pelajaran 2017/2018 berada pada kategori
“sangat tidak baik ” sebesar 9,375% (3 peserta didik), “tidak baik” sebesar 18,75% (6 peserta didik),
“sedang” sebesar 37,5% (12 peserta didik), “baik” sebesar 28,125% (8 peserta didik), dan “sangat
baik” sebesar 6,25% (2 peserta didik).
Kata kunci : tanggapan, pjok, sport education model.



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.