TINGKAT PENGETAHUAN SISWA KELAS KHUSUS OLAHRAGA DAN KELAS REGULER DALAM MATA PELAJARAN PJOK PERMAINAN BOLA BESAR KELAS VIII SMP N 3 SLEMAN

Nico Damar Djanu, Ngatman .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa kelas reguler dan siswa
kelas khusus olahraga dalam mata pelajaran PJOK permainan bola besar. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengambilan data
menggunakan tes pilihan ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII Kelas
khusus olahraga dan siswa kelas VIII reguler. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan insidental sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang
dituangkan dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil tingkat pengetahuan
instrumen kelas reguler katagori sangat tinggi (10%), tinggi (33%), sedang (10%), rendah (40%), sangat
rendah (6,7%) sedangkan untuk kelas khusus olahraga katagori sangat tinggi (3,4%), tinggi (50%),
sedang (20%), rendah (13,3%), sangat rendah (13,3%). Dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII
KKO lebih tinggi tingkat pengetahuan dalam mata pelajaran PJOK dari kelas VIII reguler.
Kata Kunci: pengetahuan, permainan bola besar, kelas khusus olahraga

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.