PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION

Rini Relinda

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran membaca pemahaman dan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Sawit dengan penerapan metode CIRC. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Sawit yang berjumlah 29 siswa. Objek penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman melalui penerapan metode CIRC. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Peningkatan keterampilan membaca pemahaman pada siklus I sebesar 14 yang pada kondisi awalnya sebesar 58 meningkat menjadi 72 dengan persentase sebesar 52%. Setelah diperbaiki pada siklus II nilai rerata kelas meningkat sebesar 19 yang pada kondisi awal sebesar 72 meningkat menjadi 77dengan persentase 79%.

Kata  Kunci:  KeterampilanMembacaPemahaman,  metode  Cooperative Integrated Reading and Composition, siswa SD.


Abstract

This study aim to improve the reading comprehension learning process and the reading comprehension skill of Grade V students of SD Sawit by the application of the CIRC method. This was a classroom action research study. The research subjects were all students of Grade V of SD Sawit with a total of 29 students. The research object was the reading comprehension skill through the application of the CIRC method. The data were collected by observation sheets, tests, and documentation. The data analysis in the study used qualitative and quantitative descriptive techniques. The improvement of the reading comprehension skill in Cycle I is 14; in the initial condition the mean score is 58 and it improve to 72 with a percentage of 52%. After a revision in Cycle II, the mean score improve by 19; in the initial condition it is 72 and it improve to 77 with a percentage of 79%.

Keywords:  Reading   Comprehension   Skill,   Cooperative  lntegrated Reading  and Composition, Elementary school students

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.