LAYANAN PENDIDIKAN BAGI SISWA TUNANETRA LOW VISION KELAS V SD MUHAMMADIYAH BOGOR

Irma Dewi Ramadani

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan layanan pendidikan siswa tunanetra low vision klas V SD Muhammadiyah Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas, guru agama, guru olahraga dan siswa. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan triangulasi teknik dan sumber. Data dianalisis menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian layanan pendidikan siswa tunanetra low vision klas V SD Muhammadiyah Bogor meliputi, 1) prinsip perbesaran warna dengan cara memperbesar tulisan di papan tulis dilakukan oleh guru kelas, 2) prinsip obyek real berupa menggunakan media tiruan atau benda nyata yang diberikan kepada siswa saat proses pembelajaran, 3) memperhatikan cahaya dan penerangan melalui penempatan tempat duduk siswa, 4) penggunaan warna dasar dan tulisan yang kontras untuk siswa dan penggunaan warna yang menarik belum digunakan, 5) penyesuaian tempat duduk dengan menempatkan tempat duduk siswa di barisan paling depan dan mempermudah akses gerak siswa, 6) prinsip suara berupa pengucapan kalimat yang dituliskan guru di papan tulis dengan suara yang jelas dan penggunaan media bersuara seperti video dan pemutar suara.

Kata kunci: layanan pendidikan, siswa low vision

 

Abstract

This research aims at describing the education service for 5th grade low vision students in SD Muhammadiyah Bogor. This research was a qualitative descriptive research. The subjects were classroom teacher, religion teacher, physical education teacher, and students. The data collecting techniques were observation, interview, and documentation. The data analytic techniques were data reduction, data display, and concluding. The validity technique used technique and source triangulation. The data was analyzed using data reduction, data display, and concluding steps. The result shows that the education service for 5th grade's low vision students in SD Muhammadiyah Bogor can be seen from 1) color magnifying principal that is applied by classrom teacher by enlarging letter on blackboard 2)  real object principal that is applied by using real object or simulated media to be given to students during learning process, 3) considering lighting by arranging students' chair in class, 4) using basic colors and contrast colored letter for students, and using interesting colors is not yet applied, 5) arranging chair by placing students on front line and make students easy to move, 6) sound principal by pronouncing letter on blackboard clearly and using video or recorder.

Keywords: education service, low vision students

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.