MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA PELAJARAN IPS DI SDN

Putri Muliastuti

Abstract


Abstrak 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode Mind Mapping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah 34 siswa kelas IV A SDN Sinduadi 1 Sleman. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan metode Mind Mapping dapat meningkatkan proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Meningkatnya prestasi belajar siswa terlihat dari siklus I pertemuan I dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa (17,65%) dengan rata-rata nilai 66,61, dan siklus I pertemuan II jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 13 siswa (38,24%) dengan rata- rata nilai 72,50, dan meningkat pada siklus II pertemuan I dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 20 siswa (58,82%) dengan rata-rata nilai 77,35 dan pada siklus II pertemuan II jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 32 siswa (94,12%) dengan rata-rata nilai 92,05. 

Kata kunci: metode mind mapping,  prestasi belajar.

 

Abstract

This research aims to increase the learning achievements of students using mind mapping. The subject were 34 students from grade IV A of SDN Sinduadi 1 Sleman. Data collection techniques used observation and test. This research used descriptive qualitative and quantitative data analysis techniques. The result show that learning achievements increase through mind mapping. Comprehension 1st cycle 1st meeting 6 students (17.65%) are pass the test with average 66.61, in 2nd meeting 13 students (38.24%) are pass the test with average 72.50, and in 2nd cycle 1st meeting 20 students (58.82%) pass the test with average 77.35 and in 2nd meeting 32 students (94.12%) pass the test with average 92.05.

Keywords: mind mapping, learning achievements


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.