PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DONGENG MELALUI MEDIA POP UP PADA SISWA KELAS IVA SD N JAGERAN

Haryati Kamaludin

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis dongeng melalui media pop up pada siswa kelas IVA SDN Jageran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA SDN Jageran yang berjumlah 27 siswa. Objek penelitian ini adalah keterampilan menulis dongeng melalui media pop up. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis dongeng melalui media pop up pada siswa kelas IVA SDN Jageran. Peningkatan keterampilan menulis dongeng pada siklus 1 sebesar 15,8, yang kondisi awalnya 66,8 meningkat menjadi 82,6 dan pada siklus 2 sebesar 24,83, yang kondisi awalnya 66,8 meningkat menjadi 91,63. Dalam penggunaan media pop up pada siklus 2 ini siswa dibagi ke dalam kelompok. Setiap kelompok mengamati media pop up dan mendiskusikan isi cerita dari media tersebut bersama anggota kelompoknya dan membuat kerangka pikirnya. Selanjutnya setiap siswa mengembangkannya ke dalam bentuk cerita.

Kata kunci: keterampilan menulis dongeng, media pop up, siswa SD.

 

Abstract

This study aim to improve the fairytale writing skill of Grade IVA students of SDN Jageran by using pop up media. The research subjects were Grade IVA students of with a total of 27 students. The research object was the fairytale writing skill by using pop up media. The research design used Kemmis and McTaggart’s model. The data were collected by tests, observations, and documentation. The data analysis technique was the quantitative technique. The results of the study show that there is improvement of the fairytale writing skill of Grade IVA students of SDN Jageran by using pop up media. The improvement of the fairytale writing skill in Cycle 1 was 15.8, from 66.8 in the initial condition to 82.6, and in Cycle 2 it is 24.83, from 66.8 in the initial condition to 91.63. In using pop up media in Cycle 2 the students are divided into groups. Each group observed pop up media and the group members discussed the contents of the story in the media and made the framework. Then, each student developed it into a story.

Keywords: fairytale writing skill, pop up media, ES students


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.