PENINGKATAN MINAT MEMBACA MENGGUNAKAN MEDIA BIG BOOK PADA SISWA KELAS IIIB SD NEGERI JAGERAN

Fitriana Fitriana

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan minat membaca dengan menggunakan media Big Book siswa kelas IIIB SD NEGERI Jageran Sewon, Bantul. Jenis penelitian ini adalah PTK. Subjek penelitian adalah siswa kelas IIIB SD Negeri Jageran berjumlah 31 siswa terdiri dari 17 laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan model kemmis dan Mc. Taggart. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala minat membaca dan observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Big Book dapat meningkatkan minat membaca siswa kelas IIIB SD Negeri Jageran, Bantul dari segi proses maupun hasil. Pada siklus I, siswa masih ragu berpendapat, belum berani mengangkat tangan pada ingin memberikan pendapat, bertanya, dan maju ke depan kelas membaca. Dilihat dari hasil, dibuktikan dengan nilai rata- rata minat membaca pada pra tindakan 56% meningkat pada siklus I Pertemuan I 57% dan Perteamuan II 62%. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 62% dan 76%.

Kata kunci: Minat membaca, media Big Book


Abstract

This study aimed to improve the reading interest of Grade IIIB of SD Negeri Jageran, Sewon, Bantul, by using Big Book media. This was a classroom action research (CAR) study. The research subjects were Grade IIIB students of SD Negeri Jageran with a total of 31 students, consisting of 17 male students and 14 female students. The study used Kemmis and McTaggart’s model. The data were collected by a reading interest scale and observations. The data analysis technique was the quantitative descriptive statistics. The study showed that the use of Big Book media was capable of improving the reading interest of Grade IIIB students SD Negeri Jageran, Bantul, in terms of the process and the product. In Cycle I, the students still hesitated to express their opinions and were still afraid of raising their hands to express opinions, asking questions, and coming to the front of the class to read. In terms of the product, the mean score of the reading interest in the pre-action was 56%. In Cycle I, it improved to 57% in meeting I and to 62% in meeting II. In Cycle II, it improved to 62% and 76%.

Keywords: reading interest, Big Bookmedia

  

 

 

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.