PERAN GURU KELAS DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM UKS DI SD 1 PEDES SEDAYU BANTUL

Dhian Rahmaningrum

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru kelas dalam melaksanakan program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SD 1 Pedes.  Fokus penelitian adalah 3 program pokok UKS. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, 7 guru, dan 6 siswa. Adapun objek penelitian ini adalah peran guru kelas dalam menjalankan program UKS. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif Miles & Huberman. Uji keabsahan menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru kelas dalam menjaga kesehatan siswa melalui program UKS di SD 1 Pedes dapat dilihat dari 3 program UKS yaitu pendidikan kesehatan dilakukan sekolah secara kurikuler dan ekstrakurikuler serta melakukan kemitraan dengan instansi lain. Pelayanan kesehatan dilakukan dengan cara guru melakukan penyuluhan kesehatan, melakukan pengawasan terhadap kantin sekolah, dan guru memantau tingkat kesehatan jasmani siswa. Guru berperan dalam pembinaan lingkungan sekolah sehat.

Kata kunci: peran guru kelas, kesehatan siswa, program UKS

 

Abstract

This research aims at describing the classroom teacher’s role in implementy UKS program in SD 1 Pedes. The focus of this research were UKS’3 main programs in SD 1 Pedes. This research was a qualitative descriptive. The subjects were headmaster, 7 teachers, and 6students. The object was classroom teacher’s role in maintaining UKS program. The data collecting techniques were observation, interview, and documentation. The data analysis technique used Miles & Huberman interactive model technique. The validity test used technique and source triangulation. The research’s result shows that classroom teacher’s role at taking care of students’ health through UKS program in SD 1 Pedes can be seen from 3 UKS programs. Health education is conducted curriculary and extracurriculary and also partnered with various instances. Health education is done by giving health counceling, supervising the school cafetaria, and monitoring students’ physical health. Teachers play an important role in the health school environment development.

Kata kunci: classroom teacher’s role, students’ health, UKS program


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.