STUDI KASUS TENTANG MOTIVASI BELAJAR SISWA SLOW LEARNER DI KELAS III

Afrilida Nurahmawati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa slow learner di kelas III SD Karangrejek 2 Wonosari Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subyek penelitian ini adalah siswa slow learner di kelas III SD Karangrejek 2. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber yaitu guru kelas, siswa slow learner, dan orang tua siswa slow learner Data dianalisis menggunakan teknis analisis data interactive model mencakup langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian diperoleh deskripsi tentang motivasi belajar siswa slow learner dilihat dari motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi intrinsik siswa slow learner yaitu memiliki keinginan untuk berprestasi, memiliki dorongan untuk belajar dengan cara bertanya kepada orang lain ketika kesulitan memahami materi, memiliki cita-cita dan rencana masa depan. Motivasi ekstrinsik siswa slow learner yaitu lebih rajin belajar ketika ada hadiah, lebih rajin belajar dengan kondisi lingkungan yang mendukung untuk belajar, dan lebih rajin belajar dengan kegiatan belajar yang menarik.

Kata kunci: motivasi belajar, siswa slow learner

 

Abstract

This research attempt to describe learning motivation of third grade slow learner student in SD N Karangrejek 2. The kind of research was case study with qualitative approach. The subject of this research is a slow learner student. Collecting data used observation, interviewed, and documentation. Test the validity of data over sources triangulation technique that were teachers, the slow learner student and the slow learner student’s mother Data analyzed used data collecting, data reduction, precentation of data, and the  withdrawal  of conclusion. The results get description about intrinsic motivation that is the subject having a desire to exel, have the urge to learn, having goals and future plans. The extrinsic motivation is learning more routine with reinforcement, learning more routine with condusive environment, and learning more routine with attractive learning activity.

Keywords: learning motivation, slow learner student

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.