TINDAKAN REFLEKTIF GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK DI SD NEGERI REJOWINANGUN 1

Yulia Maya Puspita

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindakan reflektif guru bersertifikat pendidik di sd negeri rejowinangun 1 kota gede yogyakarta. fokus penelitian yang diajukan adalah kompetensi profesional dalam aspek mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif di SD Negeri Rejowinangun 1. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru bersertifikat pendidik. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru bersertifikat pendidik, rekan sejawat, dan kepala sekolah. Adapun objek penelitian ini adalah tindakan reflektif guru bersertifikat pendidik. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif Miles & Huberman (reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan). Uji keabsahan menggunakan triangulasi teknik dan sumber.Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bersertifikat pendidik melakukan refleksi tertulis pada pembelajaran setiap satu semester sekali. Guru menggunakan hasil refleksi sebagai pertimbangan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. Tidak semua guru bersertifikat pendidik pernah melakukan penelitian tindakan kelas. Guru bersertifikat pendidik meningkatkan kemampuan dengan belajar dari buku panduan, seminar, internet, dan informasi dari rekan sejawatnya.

Kata kunci: tindakan reflektif, guru bersertifikat pendidik

Abstract

This research aims at describing the educator certified teacher’s reflective action  in sd negeri rejowinangun 1 Kota Gede Yogyakarta. The reearch's focus is professional competence in this aspect; developing professionalism sustainably with reflective action in SD Negeri Rejowinangun 1. This research was qualitative descriptive research. The subjects were certified teachers, certified teachers' colleagues, and headmaster. The object of this research was the application of teacher professional competence. This research used observation, interview, and documentation as data collecting techniques. The data analytic technique was Miles & Huberman interactive model (data reduction, data display, and concluding). The validity test used technique and source triangulation. The research's result shows that competence application in developing professionalism sustainably with reflective action can be seen from own work reflection, using the reflection to develop professionalism, doing class action research to develop professionalism, and learning from variety of sources. Teachers do written reflection on class activity once a semester. Teachers used the reflection as consideration to choose the appropriate methods and media. Not all of certified teachers has done class action research. Certified teachers upgrade their skill by learning from guide book, conference, internet, and colleagues' information.

Keywords:  reflectif action, educator certified teacher


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.