PENGGUNAAN KARTU POSITIF NEGATIF SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BILANGAN BULAT SISWA KELAS IV

Malinda Sari Putri

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar bilangan bulat siswa kelas IV SDN Delegan II menggunakan kartu positif negatif.  Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Delegan II. Objek penelitian adalah prestasi belajar matematika. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan media kartu positif negatif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Pada kualitas pembelajaran, aktivitas guru dalam mengajar dan partisipasi siswa pada siklus I berada pada kategori baik, kemudian siklus II meningkat menjadi sangat baik. Peningkatan prestasi belajar ditunjukan dengan meningkatnya nilai rata-rata prestasi belajar pratindakan yaitu 59,22 dicapai oleh 7 siswa (24,13%), meningkat pada siklus I menjadi 65,4 dicapai oleh 12 siswa (41,37%) berada pada kategori baik. Pada siklus II rata-rata kelas naik menjadi 79,2 dicapai oleh 25 siswa (86,2%) dan berada pada kategori sangat baik.

Kata kunci: prestasi belajar, kartu positif negatif, bilangan bulat.

Abstract

The Research is aimed to increase learning achievements of integers for fourth grade students at SDN Delegan II using positive negative cards. The research was a classroom action research. The subject of this research was fourth grade students in SDN Delegan II. The nature of the research object is mathematics learning achievement. The collection of the data used observations and tests. Analysis methods of the data used quantitative descriptive and qualitative descriptive. The result shows that the use of the positive negative cards can increase student learning achievement. On the quality of learning, the activity of teaching and students participation at first cycle is in a good category, then cycle II increase to very good. The increase of the learning achievements can be seen from the increase in the average score before acting 59.2 that is achieved by 7 students (24,13 %), on cycle II the score increased into 65,4 reached by 12 students (41,37 %) are in good category. In cycle II the average class increased  to 79,2 reached by 25 students ( 86,2 % ) and were on very good category.

Keywords: learning achievement, positive negative cards, integers.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.