PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MENGGUNAKAN MEDIA DIORAMA SISWA KELAS IV

Angger Yogyantoro

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SD Negeri Rejowinangun 1. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Rejowinangun 1 yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media diorama dalam pembelajaran keterampilan menulis karangan deskripsi dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Peningkatan kualitas proses dapat dilihat dari meningkatnya nilai aktivitas siswa dalam proses pembelajaran pada siklus I 2,98 termasuk dalam kategori baik dan pada siklus II 3,4 termasuk dalam kategori baik. Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata kelas pada prasiklus 65, pada siklus I 69,25, dan pada siklus II 72,22.

Kata kunci: keterampilan menulis karangan deskripsi, media diorama, SD.

 

Abstract

This study aims at improve the quality of the learning process and improve learning outcomes description essay writing skills at the fourth grade students of SD Negeri Rejowinangun 1. This research was a class action using collaborative. Subjects in this study is the fourth grade students of SD Negeri Rejowinangun 1 totaling 27 students. Data collected by observation and tests. Data analysis technique was descriptive qualitative and quantitative descriptive. The results shows that the use of media diorama in the learning skills of essay writing descriptions can improve the quality of the learning process and student learning outcomes. The quality improvement process can be showed from the increasing value of the activity of students in the learning process in the first cycle of 2.98 included in both categories and the second cycle of 3.4 included in either category. Increasing students writing skills essay description evidenced by the increasing value of the average grade on pre cycle 65, in the first cycle of 69.25 and 72.22 in the second cycle.

Keywords: essay writting skill description, media diorama, SD.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.