HUBUNGAN ANTARAPERSEPSI POLA ASUH AUTHORITATIVE DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VSD Se-GUGUS I KECAMATAN WATES KABUPATEN KULONPROGO

Mifta Nur Febriyana

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi pola asuh authoritative dengan kemandirian belajar siswa.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi.Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V se-Gugus 1 Kecamatan Wates berjumlah 155 siswa.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala psikologi.Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan positif dan signifikan antara persepsi pola asuh  authoritative dengan kemandirian belajar siswa kelas V SD se-Gugus 1 Kecamatan Wates, Kulonprogo. Besar koefisien korelasi adalah 0,589 yang berarti korelasi variabel X dan Y tergolong kuat, dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang menunjukkan adanya hubungan signifikan.

Kata Kunci: persepsi pola asuh authoritative, kemandirian belajar

 

Abstract

Thestudy aimed at determining the correlation between authoritative parenting perception and student’s self-regulated. Thestudy used quantitative approach with correlation research type. The sample was all of the student at the five grade of SD in 1 Cluster Wates, which consist of 155 student. The datated were collected through psychological scale. The data analysis technique used product moment correlation’s analysis. The result of this research implies that there is a significant and positive correlationbetween the authoritative parenting perception’s variable and student’s self-regulated. The magnitude of coefficient correlation is 0.589 which means that the correlation between variable X and Y belongs to strong category and significant 0,000 < 0,05 shown that

Keyword: authoritative parenting perception , self-regulated


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.