IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU PADA KELAS VB SD NEGERI TEGALREJO 1 YOGYAKARTA

Hendra Jati Puspita

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran tematik terpadu di SD Negeri Tegalrejo 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas, siswa kelas VB, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan tematik terpadu yang dilakukan guru sudah memuat kriteria minimal perencanaan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu sudah memunculkan karakteristik pembelajaran tematik terpadu, diantaranya menggunakan pemaduan mata pelajaran Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran, setiap KD memiliki materi tersendiri. Pada kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan guru, pendekatan saintifik sudah dilaksanakan.

Kata Kunci : Pembelajaran Tematik Terpadu, Penilaian autentik

Abstract

This research aims to describe the planning, implementing, and assesing integrated thematic learning in SD Negeri 1 Yogyakarta Tegalrejo. The research is descriptive qualitative research . The subjects were teacher, students of class VB, and principle. Data collection techniques was used observation, interviews, and documentation. Data were analyzed by using steps of data reduction, data display, and conclusion. Examination of techniques the data validity using triangulation techniques and sources. The results showed that an integrated thematic planning that teachers do already has the minimum criteria lesson planning. The implementation of integrated thematic learning has led to integrated thematic learning characteristics, including the integration of subjects using the Basic Competency (KD) subjects; each Basic Competency has its own material. Learning activities based on scientific approach were implemed by teacher.

Keywords: Integrated Thematic learning, authentic assessment


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.