PENGARUH PENERAPAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA

Restu Waras Toto

Abstract


Abstrak 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran guided discovery terhadap sikap ilmiah siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di SDN Triwidadi. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah 34 siswa kelas V. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan membandingkan rata-rata skor sikap ilmiah awal dan akhir kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran guided discovery terhadap sikap ilmiah siswa kelas V pada mata pelajaran IPA. Kategori skor rata-rata sikap ilmiah awal melalui angket dan observasi kedua kelompok berada pada kategori yang sama, yaitu B (baik). Kategori skor rata-rata sikap ilmiah akhir melalui angket dan observasi sikap ilmiah kelompok eksperimen berada pada kategori A (sangat baik), sedangkan kategori skor rata-rata sikap ilmiah akhir melalui angket dan observasi sikap ilmiah kelompok kontrol stagnan pada kategori B. 

Kata kunci: guided discovery, sikap ilmiah. 

 

Abstract 

This research aims to find out about how the guided discovery affects the fifth graders’ scientific attitudes on science in SDN Triwidadi. This research was a quasi-experimental research in a form of nonequivalent control group design. The population was 34 fifth graders. The data were collected through questionnaire and observation. The data analysis was done by comparing the mean of the initial and final scientific attitudes scores of the control and experimental group. The research results show the effect of guided discovery towards the fifth graders’ scientific attitudes on science. The average initial scores on questionnaire and observation on both groups resulted in B (good) category. The average final scores acquired on the questionnaire and observation on the experimental group resulted in A (very good) category, whereas the average final scores acquired on the questionnaire and observation on the control group are found stagnant in the B category. 

Keywords: guided discovery, scientific attitudes. 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.