PENGUASAAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU KELAS SD N 2 SANDEN

Reni Listyana

Abstract


Abstrak

Pelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penguasaan kompetensi profesional guru kelas SD N 2 Sanden. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian yaitu enam guru kelas di SD N 2 Sanden. Penelitian yang dilakukan ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi dan menggunakan teknik analisis data model Milles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru telah menguasai tujuh aspek kompetensi profesional. Hal ini ditunjukkan oleh: (1)  Semua guru telah menguasai landasan kependidikan. (2) Semua guru sudah menguasai konsep dan bahan pelajaran. (3) Semua guru telah menguasai pembuatan perangkat pembelajaran. (4) Semua guru telah menggunakan metode pembelajaran bervariatif, melakukan evaluasi, dan mengetahui kebutuhan anak didik. (5) Sebagian besar guru telah memanfaatkan teknologi pembelajaran (6) Semua guru telah melaksanakan tugas non-akademik. (7) Terdapat satu guru yang melakukan penelitian ilmiah untuk meningkatkan profesionalitas.

Kata kunci : kompetensi profesional, guru SD


Abstact

This study aim to describe the mastery of professional competence of class teachers SD N 2 Sanden. Using a qualitative descriptive approach. The research subjects were seven class teachers in SD N 2 Sanden. This research used  data collection techniques such as observation, interviews, and documentation and used data analysis techhniques Milles and Huberman models. The validity of the data used triangulation of data sources and techniques. The results show that most teachers have mastered the seven aspects of professional competence. This is shown by: (1) All teachers have mastered the foundation of education. (2) All teachers have mastered the concepts and materials. (3) The teacher has mastered the learning device fabrication. (4) All teachers have used varied methods of learning, evaluating, and knows the needs of the students. (5) Most teachers use of learning technology (6) All teachers have non-academic duties. (7) There is one teacher who conduct scientific research to improve professionalism.

Keywords: professional competence, class teachers

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.