PENERAPAN MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS

Partin Partin

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) menggunakan metode mind map Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). PTK ini dilakukan dua siklus. Siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri Ngoto yang berjumlah sebanyak 33 siswa, metode pengumpulan data penelitian meliputi: tes dan obsevasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan mind map dalam pembelajaran IPS  dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA SD Negeri Ngoto. Peningkatan hasil belajar tersebut dicapai melalui 2 siklus. Hasil tersebut ditunjukan dari adanya peningkatan hasil belajar siswa  dari setiap siklus. Berdasarkan hasil penelitian peningkatan hasil belajar siswa dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan  metode mind map diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 54,55% yang kemudian meningkat pada siklus II menjadi 87,88%.

Kata kunci: Mind Map, hasil belajar, IPS.

 

Abstract

This study aime to improve Students’learning achievement of the social studies subject using the mind map method. This is a classroom action research (CAR) study. It was conducted in two cycles, cycle I, consisted of 2 meetings and cycle II consisted of 2 meetings. The research subjects were grade VA students of SD Negeri Ngoto with a total 33 students. The data collection methods were tests and observation. The data analysis teacnique was the quantitative descriptive teacnique. The results of the study showe that the use of mind map in social studies learning is capable of improving the learning achievement of grade VA students of SD negeri Ngoto. The improvement of the learning achievement was attined in 2 cycles. This is indicated by the improvement of the students’ learning achievement in each cycles. Based on the results of the study, the improvement of their learning achievement in the learning implementation using the mind map method is indicte by their average learning achievement by 54.55% in cycle I which then improve to 87.88% in cycle II.

Keywords : mind map, learning achievement, social studies

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.