MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN MANIK – MANIK

Meni Kuswati

Abstract


Abstrak 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat menggunakan media manik – manik pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Cepedak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media manik – manik meningkatkan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV. Pada pra tindakan persentase ketuntasan siswa yang telah mencapai KKM 41,67%. Setelah dikenai tindakan siklus I persentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 70,83%. Kemudian, pada siklus II persentase ketuntasan siswa meningkat lagi menjadi 91,67%. Untuk persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 54,77% dan pada siklus II meningkat menjadi 86,54%. 

Kata Kunci: hasil belajar, penjumlahan dan pengurangan, bilangan bulat, media manik – manik 

Abstract 

This study aims to improve learning result arithmetic of addition and subtraction of integers using beads as a media in the fourth grade students of SD N 2 Cepedak. This type was the Classroom Action Research. Using Kemmis and Mc. Taggart model. Data collection methods used observation, test and documentation. The data were analyzed by qualitative and quantitative descriptive.The results show that the use of media beads can improve learning result addition and subtraction of integers in the fourth grade students. Before the given action, learning percentage of students who have achieve mastery KKM is 41.67%. after undergoing the first cycle,percentage of students is increase to 70.83%. Similary, after undergoing the second cycle percentage of students is increase to 91.67%. The observation of student activity in the first cycle the percentage of student activity amounted to 54.77% and the second cycle increase to 86.54%. 

Keywords: learning outcomes, addition and subtraction, integer, beads as a media. 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.