UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN COOPERATIVE LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN GEDONGKIWO

Irmayanti Irmayanti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui model Cooperative Learning. Metode pengumpulan data yang dilakukan pada penilaian ini adalah dengan tes, observasi dan dokumentasi. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan di SD Gedongkiwo Yogyakarta pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian yakni siswa kelas IV yang terdiri dari 30 siswa. Objek penelitian adalah prestasi belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Cooperative Learning dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV SD Gedongkiwo Yogyakarta dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini didukung dengan meningkatnya persentase prestasi belajar siswa. Hasil prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari kondisi awal sebesar 30% dengan rata-rata nilai 65,66 menjadi 56,6% dengan rata-rata nilai 76,03 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 83,3% dengan rata-rata nilai 78,43 pada siklus II.

Kata kunci: Cooperative Learning, Prestasi Belajar, IPA.

Abstract

This study aims to improve Students’learning achievement in the science subjek through the cooperative learning model. The data collething methods in the study were test, observations, and documentation.this was a classroom action research study using kemmis and McTaggart’s model. The study was conducted at SD gedongkiwo, yogyakarta, in the odd semester of the 2015/2016 academic year. The researtch subjects were 30 students of Grade IV. The researtch object was their learning achievement. The data analysis technique was the quantitative descriptive technique. The relusts of the study show that the use of the cooperative learning method in the science subject in Grade IV of SD gedungkiwo, Yogyakarta, was capable of improving the students’ learning achievement. This was indicated by the improvement of Their learning achievement. Their learning achievement improved from 30% with a mean score of 65.66 in the initial candition to 56.6% with a mean score of 76.03 in Cycle I and to 83.3% with a mean score of 78.43 in Cycle II.

Keywords : Cooperative learning, learning achievement, Science

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.