PENINGKATAN PEMAHAMAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG KREASI
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada tema kesehatan menggunakan media wayang kreasi siswa kelas II SD N Tegal Panggung. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Desain penelitian yang digunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) tes, dan 2) observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman siswa aspek kognitif, afektif, dan psikomotor dapat ditingkatkan menggunakan media wayang kreasi. Hasil belajar aspek kognitif mengalami peningkatan dari nilai hasil rata-rata pra siklus 63,18, siklus I 74,77, dan siklus II 80,91. Hasil belajar aspek afektif dengan memperoleh persentase pada siklus I 68,18% dan siklus II meningkat 81,82%. Hasil belajar aspek psikomotor memperoleh persentase siklus I 72,73% dan siklus II 86,36%. Penelitian ini dihentikan sampai siklus II karena sudah memenuhi kriteria keberhasilan tindakan yaitu ≥75% siswa sudah mencapai nilai KKM (70).
Kata kunci: perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), Wayang kreasi, SD
Abstract
This research aims to improve healthy living behaviour understanding by using puppets creations to 2ndgrade students of SD N Tegal Panggung. This was collaborative classroom action research. The research design used Kemmis and Taggart model. The techniques of collecting data used tes and observation. The technique of analyzing data used descriptive quantitative. Cognitive aspects of learning outcomes has increased from an average value of the results of post-test 63.18, 74,77 the first cycle, and the second cycle II 80,91. Affective aspects of learning outcomes to obtain a percentage of 68,18% in the first cycle and the second cycle increase by 81.82%. Psychomotor aspects of learning outcomes gain 72.73% the percentage of first cycle and the second cycle 86,36.3 %. This research finish in second cycle because the results fulfilled the action success criteria that ≥75% of the students had realized the KKM (70).
Key Words: The healthy living behaviour, Puppets Creations, Elementary School
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.