PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA BIG BOOK SISWA KELAS I

Dyah Arini Miga Hapsari

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui media Big Book pada siswa kelas I SDN Kokap, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subyek penelitian ini adalahsiswa kelas I  SDN Kokap. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi dan catatan lapangan. Instrumen pengumpulan data secara kualitatif menggunakan lembar observasi dan secara kuantitatif menggunakan tes keterampilan membaca. Teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif.Penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media Big Book dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan sswa elas I SDN Kokap Tahun ajaran 2016/2017. Peningkatan keterampilan membaca permulaan dibuktikan dengan nilai rata-rata  pada kondisi awal 69,11, meningkat pada siklus I menjadi 72,75 dan meningkat pada siklus II menjadi 75,55. Ketuntasan belajar pada kondisi awal 45 %, meningkat pada siklus I menjadi 80% dan  meningkat pada siklus II menjadi 90%.

Kata kunci: keterampilan membaca permulaan, media Big Book.

 

Abstract

The aim of this  research is to improve pre-reading skils through the media of Big Book in 1st  grade students at Kokap Elementary School, Kokap, Kulon Progo.This research was a classroom action research which was done eclaboratevely by both the researcher and the classroom teacher.This research used Kemmis and Mc Taggart model. The subjects of this research were 1st grade students at elemntari school Kokap To gather the data, the researcher used test, observationand field note. The instrument for gathering the data qualitatively is by using observation sheet, while for gathering the data quantitatively is by using reading test to the students. The technique pf analysis data used descriptiva qualitative and quantitative. This research shows that the use of Big Book media could  improve pre-reading skill 1st grade students at elementary school Kokap year 2016/2017. The result showed significant result which was proved by the improvement of mean score.The mean score in the beginning which was 69,11 improved in the first cycle into 72,75 and in the second cycle improved into 75,55. The success of learning in the beginning which scored 45% improved in the first cycle into 80% and into 90% in the second cycle.

Keywords: pre-reading  skill, Big Book media.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.