PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INTERNET OLEH GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SEKOLAH DASAR TAHUN AJARAN 2018/2019 SE-KOTA YOGYAKARTA

nur lestianingrum megarani, Soni Nopembri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Internet
Oleh Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2018/2019 seKota
Yogyakarta.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode
survey. Instrumen yang digunakan berupa angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru
pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sekolah dasar tahun ajaran 2018/2019 se-Kota Yogyakarta
dengan nilai validitas 0,361 dan nilai reliabilitas 0,941. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 225
guru. Sampel yang digunakan yaitu seluruh guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang
berjumlah 225 guru namun dalam pengisian angket yang kembali hanya 199 angket. Teknik analisis
yang digunakan yaitu deskriptif dengan menuangkan frekuensi dalam bentuk persentase.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemanfaatan media pembelajaran berbasis internet oleh
guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sekolah dasar tahun ajaran 2018/2019 se-Kota
Yogyakarta berada pada kategori “sangat tinggi” 162 guru atau 81,4%, kategori “tinggi” 14 guru atau
7 %, kategori “sedang” 20 guru atau 10,1%, kategori “rendah”  3 guru atau 1,5 % dan kategori “sangat
rendah” sebesar 0%. Berdasarkan hasil tersebut dapat diartikan bahwa Pemanfaatan Media
Pembelajaran Berbasis Internet Oleh Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Dasar
Tahun Ajaran 2018/2019 se-Kota Yogyakarta adalah Sangat Tinggi.
Kata Kunci: Pemanfaatan media pembelajaran, media pembelajaran berbasis internet.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.