ANALISIS BUTIR SOAL PILIHAN BERGANDA MATA PELAJARAN PJOK KELAS V DI SD NEGERI JETIS

Wulan Wulan, Danang Pujo Broto

Abstract


Analisis butir soal merupakan upaya yang dilakukan untuk mengetahui kualitas butir soal,
agar soal yang digunakan dalam melaksanakan suatu tes benar-benar mampu mengukur kemampuan
siswa. Soal pilihan berganda Mata Pelajaran PJOK  Kelas V di SD Negeri Jetis Kabupaten Bantul Tahun
Pelajaran 2018/2019 dibutuhkan analisis butir soal untuk mengetahui kualitas dan kelayakanya. Metode
penelitiannya adalah diskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dokumentasi dengan subjek penelitian 84 peserta tes. Proses analisis menggunakan program
excel, dari segi tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektivitas pengecoh. Hasil penelitian menunjukan
dari 25 butir soal, tingkat kesukaran sebanyak  3 butir soal (12%) dalam kategori sukar, 12 butir soal
(48%) kategori sedang, dan 10 butir soal (40%) kategori mudah. Tingkat daya beda 10 butir soal (40%)
dalam kategori Jelek, 11 butir soal (44%) Cukup, 3 butir soal (12%) baik, dan 1 butir soal (4%) negatif.
Efektivitas fungsi distraktor dari 100 opsi diperoleh 79 (79%) berfungsi baik, dan 21 (21%) memiliki
fungsi yang kurang baik.
Kata kunci: analisis butir soal, penilaian akhir semester


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.