PENGEMBANGAN ALAT BANTU “BENDING BACK” UNTUK PEMBELAJARAN SENAM LANTAI MATERI KAYANG PADA SISWA KELAS ATAS DI SEKOLAH DASAR”

Wahyu - Priyadi

Abstract



Abstrak
Saat pelajaran penjasorkes banyak siswa yang tidak bisa melakukan kayang
dikarenakan tidak ada keberanian saat melakukan gerakan kayang. Selama ini guru
pendidikan jasmani di sekolahan dasar tidak sepenuhnya dapat memberikan contoh dalam
proses pembelajaran. Dalam pembelajaran materi senam lantai khususnya kayang, guru tidak
menggunakan alat bantu, melainkan menggunakan tangan sebagai alat bantu dalam proses
pembelajaran. Keterbatasan alat bantu ini yang menjadikan proses pembelajaran begitu susah.
Penelitian bertujuan menghasilkan alat bantu senam lantai kayang bernama “bending back”
yang layak digunakan dalam pembelajaran penjas orkes materi senam lantai khususnya
gerakkan kayang.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development).
Prosedur penelitian berawal dari melihat potensi dan masalah yang dihadapi dalam penelitian.
Setelah masalah didapat, pengumpulan informasi dilakukan dan mulai membuat desain
produk. Desain produk terbentuk dan dilanjutkan pembuatan produk. Produk kursi sudah jadi
tahap selanjutnya validasi produk yang dilakukan kepada ahli materi, ahli media dan siswa
(uji coba kelompok kecil) dan uji coba kelompok besar). Teknik analisis data menggunakan
analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase.
Penelitian Alat Bantu  “Bending back” Untuk Pembelajaran Senam Artistik. Hasil uji
kelayakan yaitu yang dilakukan ahli media didapatkan prosentase sebesar 93,33%, sedangkan
uji ahli materi dedapatkan prosentase sebesar 100%,dan uji kepada responden kelompok kecil
100 %  (10 siswa) menyatakan sangat layak ,dan hasil penelitian pada uji coba besar sebagian
besar siswa sebesar 72 % (25 siswa) menyatakan sangat layak. Jadi dapat disimpulkan bahwa
alat bantu “Bending Back” layak dipergunakan.

Kata kunci: Pengembangan, alat bantu “bending back”, senam artistik

Abstrack
During sports’ teaching and learning activities many students cannot do bridging
because of low courage. All this time sports’ elementary school teacher did not give proper
example in their teacher and learning activities. During the gymnastics’ learning especially
bridging teachers use nothing but their hands as the supporting media. The lack of supporting
media resulted the difficult learning activities for stundents. This study is aimed to produce a
gymnastics supporting media named “bending back” that is suitable for Sport learning,
especially in gymnastics, and particullary for bridging movement.
This was a research and development study. The research procedures started from
seeing the potential problems in the research. After that, the researcher collected the data and
stares to design the product (chair) was ready, it was then being validated by the material experts, media expert, and students (for small and big group of experiment). The data analysis
used in this research was quantitative descriptive analysis which presented the data in the
form  of percentage.
The study of supporting media “Bending Back” in artistic gymnastics lesson. From the
expert judgement data, it can be seen that from the media expert id 93.3% from the material
expert is 100% from small group respodence 100% (10 students) who said that is very
suitable, and from big group respondence is 72% (25 students) who said that is very suitable.
Finally, it can be concluded that this supporting media “Bending Back” is suitable to use.

Keywords : Development, Support Media “Bending Back”, Artistic.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.