PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “WATUBE” UNTUK MENGENALKAN SIFAT-SIFAT AIR PADA ANAK TK KELOMPOK B

Alfiana Falan Syarri Auliya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media Watube yang layak dan mengetahui kelayakan media Watube serta untuk mengetahui keeefektifan media Watube untuk mengenalkan sifat-sifat air pada anak TK kelompok B. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research & development) dengan mengacu pada model yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang telah diadaptasi sesuai dengan kebutuhan peneliti. Subjek dalam penelitian ini adalah anak TK kelompok B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan wawancara (tidak berstruktur). Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan angket. Hasil penelitian ini adalah (1) sebuah produk media “Watube” yang layak digunakan untuk mengenalkan sifat-sifat air pada anak TK kelompok B berdasarkan validasi ahli materi (92%) dan ahli media (77,33%), uji coba awal (76,2%), uji coba lapangan (83%), dan uji lapangan (83,4%) (2) media pembelajaran Watube efektif untuk mengenalkan sifat-sifat air pada anak TK kelompok B berdasarkan hasil t hitung lebih besar dari nilai t tabel yaitu t tabel = -2,719, t  hitung =23,514.

 

Kata kunci: media pembelajaran Watube, sifat air, anak TK kelompok B


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.