HUBUNGAN KEMAMPUAN BACA TULIS HITUNG DENGAN KESIAPAN MASUK SD ANAK TK B

Rina Setyorini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan baca, tulis, hitung dengan kesiapan  masuk SD anak TK B  Qurrata Ayun, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 39 anak. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Teknik pengumpulan data berupa observasi. Teknik analisis data menggunakan korelasi Pearson Product Moment.  Penelitian diawali dengan validitas instrumen dengan menggunakan expert judgement Hasil uji korelasi menunjukkan  terdapat hubungan antara kemampuan baca, tulis, hitung dan kesiapan  masuk SD anak TK B Qurrata Ayun, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang. Hal ini dibuktikan dari koefisien korelasi sebesar 0,771 nilai signifikansi sebesar (0.000 < 0.005). Angka positif menunjukkan hubungan yang positif antara kedua variabel. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kemampuan baca, tulis, hitung maka semakin tinggi pula kesiapan  masuk SD pada  anak TK B Qurrata Ayun, Kecamatan, Bandongan, Kabupaten Magelang.

 

Kata kunci: calistung, kesiapan, anak TK kelompok B


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.