PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA PERMAINAN KARTU HURUF ANAK KELOMPOK B DI TK ABA MILIRAN KELURAHAN MUJAMUJU

Indri Maylani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan kemampuan membaca permulaan melaluimedia permainan kartu huruf kelompok B TK ABA Miliran Muja-muju Umbulharjo Yogyakarta. Aspek kemampuan membaca permulaan yang diteliti meliputi menyebutkan/menunjukkan simbol-simbol huruf yang dikenal. Mengenal suara huruf awal dari nama-nama benda yang disekitarnya, memahami hubungan antara bunyi dan bentuk, menyebutkan/menunjukkan kelompok gambar yang memiliki bunyi awal yang sama. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok  BTK ABA Miliran  Yogyakarta yang berjumlah  19  anak. Hasil penelitian  ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan  hal ini dibuktikan  pada (BB) pratindakan 74%, Sikuls I  53%, siklus II 0%. (MB)  pratindakan  26%,  siklus I 3 7%,  siklus II 0%.(BSH) pratindakan 0%, siklusI 21%, siklusII 47%. (BSB) pratindakan 0%, siklus I 0% siklus I 53%.

 

Katakunci:membaca permulaan, media,permainan,kartu huruf


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.