PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN STRATEGI WORD CLUSTER PADA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 1 MINGGIR SLEMAN YOGYAKARTA

Yeni Widyawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan
menulis puisi menggunakan strategi Word Cluster  pada siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Minggir Sleman Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Minggir Sleman Yogyakarta yang berjumlah 32 siswa. Objek penelitian ini adalah peningkatan keterampilan menulis puisi. Penelitian ini dilakukan dengan tahap penyusunan rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh dari observasi, wawancara, tes, angket, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Keberhasilan tindakan ditentukan oleh peningkatan proses dan produk.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, peningkatan proses tampak pada perhatian dan antusias siswa terhadap pembelajaran, keaktifan bertanya jawab, dan keaktifan mengerjakan tugas. Peningkatan tersebut terjadi secara bertahap dari pratindakan, siklus I, dan siklus II. Kedua, peningkatan produk dengan strategi Word Cluster dalam menulis puisi dapat dilihat dari karya siswa. Pada pratindakan, rata-rata nilai siswa sebesar 59,69 dengan keterangan masih banyak siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa naik menjadi 72,71 dengan siswa tuntas sebanyak 7. Selanjutnya, pada
siklus II rata-rata siswa naik menjadi 80,63 dengan ketuntasan 32 siswa.

Kata kunci : keterampilan menulis puisi, strategi Word Cluster, siswa SMP


Full Text:

PDF

References


Andrina, Yovi Mellia. “Peningkatan

Kemampuan Menulis Puisi

dengan Media Kartu Mimpi

Bergambar pada Siswa

Kelas VIII SMP Negeri 8

Magelang”. Skripsi S1.

Yogyakarta. Jurusan

Pendidikan Bahasa dan

Sastra Indonesia. Fakultas

Bahasa dan Seni.

Universitas Negeri

Yogyakarta.

Ariastuti, Bisyaroh. 2011.

“Peningkatan Keterampilan

Menulis Puisi Melalui

Kegiatan Sanggar Sastra

pada Siswa Kelas X3 SMA

Negeri 1 Pajangan Bantul”.

Skripsi S1. Yogyakarta.

Jurusan Pendidikan Bahasa

dan Sastra Indonesia.

Fakultas Bahasa dan Seni.

Universitas Negeri

Yogyakarta.

Cempakasari, Avita. 2013.

“Keefektifan Penggunaan

Strategi Kelompok Kata

(Word Cluster) Dalam

Pembelajaran Menulis

Puisi Pada Siswa Kelas

VIII Smp Negeri2

Kebumen”. Skripsi S1.

Yogyakarta. Jurusan

Pendidikan Bahasa dan

Sastra Indonesia. Fakultas

Bahasa dan Seni.

Universitas Negeri

Yogyakarta.

Kasran, Mahendra. 2013. “Upaya

Peningkatan Kemampuan

Menulis Puisi Siswa Kelas

X F SMA Negeri 1

Seyegan Kabupaten

Sleman dengan

Memanfaatkan Media Foto

Keindahan Alam”. Skripsi

S1. Yogyakarta. Jurusan

Pendidikan Bahasa dan

Sastra Indonesia. Fakultas

Bahasa dan Seni.

Universitas Negeri

Yogyakarta.

Madya, Suwarsih. 2009. Teori dan

Praktik Penelitian

Tindakan. Bandung:

Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 2008.

Menulis Sebagai Suatu

Keterampilan Berbahasa.

Bandung: Angkasa.

Wardhana, Arya Wisnu & Ardi Suryo

Ardianto. 2007.

Menyingkap Rahasia Jadi

Penulis. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Wiesendanger, Katherine D. 2001.

Strategies for Literacy

Education. Ohio: Alfred

University.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.