UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMENTASKAN DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EXPERIENTIAL LEARNING PADA SISWA KELAS XI IPA 3 SMAN 3 BANTUL

Septianto Hutama Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mementaskan drama dengan menggunakan metode experiential learning pada siswa kelas XI IPA 3 SMAN 3Bantul. Metode  experiential learning  merupakan metode yang mengutamakanpembelajaran keterampilan mementaskan drama dalam bentuk latihan secara praktik.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action research (CAR) yang melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan selama dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 SMAN 3 Bantul. Penelitian difokuskan pada permasalahan meningkatkan  keterampilan mementaskan drama dengan metode  experiential learning. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan, pengisian angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik untuk mencapai kredibilitas penelitian menggunakan validitas dan reliabilitas. Validitas yang digunakan terdiri dari validitas demokratik, validitas hasil,  validitas proses, dan validitas dialogik. Teknik reabilitas menggunakan lembar observasi,  catatan lapangan, transkrip wawancara, dan angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode  experiential learning  dalam pembelajaran drama dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan  keterampilan mementaskan drama pada siswa kelas XI IPA 3 SMAN 3 Bantul. Jumlah  nilai rata-rata proses pembelajaran dari pratindakan (48,15) hingga siklus II (84,45)  mengalami peningkatan sebesar sebesar 36,3%. Jumlah nilai rata-rata praktik dari siklus I
(61,16) hingga siklus II (84,4) mengalami peningkatan sebesar sebesar 23,17%. Dengan  demikian, penerapan metode experiential learning dalam pembelajaran drama di kelas XI IPA 3 SMAN 3 Bantul dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran drama dengan persentase 36,3%, dan keterampilan siswa dalam mementaskan drama dengan persentase 23,17%.

Kata kunci: pembelajaran, mementaskan, drama, metode, experiential learning.


Full Text:

PDF

References


Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni.

Teori Belajar dan

Pembelajaran. Yogyakarta:

Ar-Ruzz Media

Bath, V. 2002. Experiential Lerning:

A Handout for Teacher

Educators Mysue: Institute

of Education. Journal of

Experiential Learning.

Diakses dari

http://www.ja.org/experienti

allearningineducation

Juni 2016, pukul 22.05 WIB

Endraswara, Suwardi. 2011. Metode

Pembelajaran Drama.

Yogyakarta: CAPS.

Harymawan, RMA. 1993.

Dramaturgi. Bandung:

Remaja Rosdyakarya.

Kolb, David A dan Ricard E.

Boyatzis. 1984. Experiental

Learning Theory: Previous

Research and New

Direction. Cleveland: Case

Western Reserve

University.

Madya, Suwarsih. 2009. Teori dan

Praktik Penelitian Tindakan

(Action research). Bandung:

Alfabeta.

Moon, A. Jennifer. 2004. A

Handbook of Reflective and

Experiential Learning:

Theory and Practice.

London: Routledgefalmer.

Noor, Rohimah M. 2001. Pendidikan

Karakter Berbasis Sastra

Solusi Moral yang Efektif.

Yogyakarta: Ar-Ruzz

Media.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001.

Penilaian dalam

Pengajaran Bahasa dan

Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Rahmanto. 1992. Metode

Pembelajaran Sastra.

Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Riantiarno, N. 2011. Kitab Teater

Tanya Jawab Seputar Seni

Pertunjukan. Jakarta:

Grasindo.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi

Pembelajaran Berorientasi

Standar Proses Pendidikan.

Tindakan Kelas. Surabaya:

Insan Cendekia.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative

Learning Teori dan Aplikasi

Paikem. Yogyakarta :

Pustaka Pelajar.

Waluyo, Herman J. 2002. Drama

Teori dan Pengajarannya.

Yogyakarta: PT Hanindita

Graha Widya Yogyakarta.

Jakarta: Kencana Prenada

. 2007. Drama Naskah,

Media Grup.

Santosa, Eko. 2008. Bahan Ajar Seni

Teater. Makalah.

Yogyakarta: Departemen

Pendidikan Nasional.

Silviani, Ria. 2013.Upaya

Meningkatkan Keterampilan

Mementaskan Drama

dengan Menggunakan

Metode Theater Game pada

Siswa kelas XI Bahasa 2

Wonosari Gunungkidul.

Skripsi SI. Yogyakarta:

Program Studi Pendidikan

Bahasa dan Sastra Indonesia

UNY.

Soemanto, Bakdi. 2001. Jagat

Teater. Yogyakarta: Media

Pressindo.

Sudjana, Nana. 2005. Teknik-teknik

Pembelajaran Partisipatif.

Bandung: Falah.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian

Pendidikan Pendekatan

Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D. Bandung: Alfabeta

Sukidin, Basrowi dan Suranto. 2008.

Manajemen Penelitian

Pementasan, dan

Pengajarannya. Surakarta:

UNS Press.

Wiyanto, Asul. 2002. Terampil

Bermain Drama. Jakarta: PT

Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.