KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN AREND PADA PEMBELAJARAN DISKUSI SISWA KELAS VIII SMP

Ahmad Rifai

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah ada perbedaan
pencapaian dalam pembelajaran berbicara antara siswa yang dalam pembelajaran menggunakan metode pembelajaran  Time Token Arend  dengan siswa yang menggunakan metode konvensional; (2) mengetahui efektivitas metode pembelajaran  Time Token Arend  dalam pembelajaran diskusi  pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tempel.  
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian
yang digunakan adalah  control group pratest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Tempel. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik  cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, yaitu tes awal dan tes akhir. Validitas yang digunakan adalah vaiditas isi.  
Uji reliabilitas meggunakan  Alpha Cronbach  yang menunjukkan
bahwa instrumen tersebut reliabel, yaitu diperoleh r = 0,861. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis data berupa uji normalitas dan uji homogenitas.  Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan yaitu: (1) terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berdiskusi antara kelompok yang mendapat pembelajaran berdiskusi dengan menggunakan Metode Time Token Arend  dan kelompok yang mendapat pembelajaran dengan metode konvensional pada siswa kelas VIII SMP N 1 Tempel. Hasil penghitungan uji-t menunjukkan nilai p = 0,0000 (0,000<0,05); (2)
metode  Time Token Arend  efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan berdiskusi siswa kelas VIII SMP N 1 Tempel. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil penghitungan uji-t selisih tes awal dan tes akhir kelompok kontrol dan selisih tes awal dan tes akhir kelompok eksperimen dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,000.
   
Kata kunci:  keefektifan, metode pembelajaran kooperatif tipe  Time Token Arend, berbicara, keterampilan diskusi

Full Text:

PDF

References


Arends, Richard I. 2008. Learning to

Teach: Belajar untuk Mengajar.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Aqib, Zainal. 2013. Model-Model,

Media, dan Strategi

Pembelajaran Kontekstual

(Inovatif). Bandung: Yrama

Widya.

Creswell, John W. 2012. Reasearch

Design: Pendekatan Kualitatif,

Kuantitatif, dan Mixed.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni. 2010. Pembelajaran

kooperatif: Meningkatkan

Kecerdasan Komunikasi Antar

Peserta Didik. Yogyakarta :

Pustaka Pelajar.

Ningsih, Faluki Pangesti. 2015.

"Keefektifan Teknik Diskusi

Model Time Token Untuk

Meningkatkan Kemampuan

Mengemukakan

Pendapat". Jurnal

COUNSELIUM (Online).

Volume 1, no. 2. Diakses dari

jurnal.fkip.uns.ac.id pada 12 Juli

Purwanti, Deni. 2014. “Keefektifan

Metode Pembelajaran Kooperatif

Tipe Listening Team pada

Pembelajaran Diskusi Siswa

Kelas VIII SMP Negeri 1

Sidoharjo Sragen”. Skripsi S1.

Yogyakarta: Pendidikan Bahasa

dan Sastra Indonesia, FBS UNY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.