EFEKTIVITAS STRATEGI PEMETAAN KARAKTER CERITA DALAM PEMBELAJARAN MENENTUKAN KARAKTER TOKOH DAN STRUKTUR TEKS FABEL PADA SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Nisa Febria Sridiani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan yang signifikan
kemampuan membaca pemahaman teks fabel antara peserta didik yang mendapat pembelajaran dengan strategi Pemetaan Karakter Cerita dan peserta didik yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 14 Yogyakarta; (2) menguji  efektivitas  strategi Pemetaan Karakter Cerita dalam membaca pemahaman teks fabel pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 14 Yogyakarta. Validitas yang digunakan adalah vaiditas isi dan valisitas
konstruk. Uji reliabilitas meggunakan Alpha Cronbach yang menunjukkan bahwa instrumen tersebut reliabel, yaitu diperoleh r = 0,814. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat ditarik simpulan yaitu: (1) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan membaca pemahaman teks fabel antara peserta didik yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman teks fabel dengan menggunakan strategi Pemetaan Karakter Cerita dengan peserta didik yang mendapat
pembelajaran membaca pemahaman teks fabel dengan menggunakan metode konvensional pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 14 Yogyakarta; (2) strategi Pemetaan Karakter Cerita terbukti efektif dalam pembelajaran membaca teks fabel pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 14 Yogyakarta. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil penghitungan uji-t selisih prates-pascates kelompok eksperimen dan selisih pretes-postes kelompok kontrol dengan nilai sig.(2-tailed) 0,019.
 
Kata kunci:  efektivitas, strategi Pemetaan Karakter Cerita, menentukan
karakter tokoh dan struktur teks fabel
 

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran

Membaca Berbasis Karakter.

Bandung: PT Refika Aditama

Hernowo. 2009. Mengikat Makna

Update: Membaca dan Menulis

yang Memberdayakan. Bandung:

Kaifa

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Sastra

Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada

University Press

Arnum W, Pradhita. 2015.

“Keefektifan Teknik Papan

Cerita dalam Pembelajaran

Memproduksi Teks Fabel pada

Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2

Patuk”. Diunduh di

www.eprints.uny.ac.id pada 29

Maret 2017

Prasanty, Arum Berliana. 2013.

“Keefektifan Strategi Pemetaan

Karakter Cerita terhadap

Kemampuan Membaca

Pemahaman Novel Remaja pada

Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3

Ngaglik Sleman Yogyakarta”.

Diunduh di

www.eprints.uny.ac.id pada 29

Maret 2017

Radhika, Fikar. 2014. “Keefektifan

Penggunaan Model Example

Non-example dalam

Pembelajaran Menulis Teks

Fabel pada Siswa Kelas VIII

SMP Negeri 6 Magelang”.

Diunduh di

www.eprints.uny.ac.id pada 29

Maret


Refbacks

  • There are currently no refbacks.