Analisis Materi Tata Bahasa pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia dan Pembelajarannya

Farah Aruni Aqsati

Abstract


Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan model
pembelajaran materi tata bahasa pada buku pelajaran Bahasa Indonesia SMP kelas VIII (2) mendeskripsikan cakupan materi tata bahasa pada buku pelajaran Bahasa Indonesia SMP kelas VIII.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yaitu buku pelajaran Bahasa Indonesia SMP kelas VIII berjudul Berbahasa dan Bersastra Indonesia yang diambil dari  http//:bse.kemendikbud.go.id  dan proses pembelajaran materi tata bahasa di kelas. Buku tersebut merupakan buku  pelajaran yang digunakan di MTs N Godean. Data diperoleh dengan teknik membaca dan mencatat serta mengamati proses
belajar mengajar di kelas. Keabsahan data diperoleh dengan meningkatkan ketekunan
dan trianggulasi data. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil analisis data kemudian disimpulkan sesuai permasalahan penelitian.
Penelitian ini menghasilkan dua simpulan. Pertama, model penyampaian materi tata bahasa menggunakan pendekatan induktif dan deduktif. Kedua pendekatan tersebut sama-sama digunakan dalam materi morfologi dan sintaksis. Materi tata bahasa yang menggunakan pendekatan induktif adalah materi yang merupakan informasi lama bagi
siswa. Materi tata bahasa yang menggunakan pendekatan deduktif adalah materi yang merupakan informasi baru bagi siswa. Kedua, cakupan materi tata bahasa yang terdapat dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia SMP kelas VIII adalah materi morfologi dan sintaksis. Materi  morfologi berupa afiksasi dan reduplikasi sedangkan materi sintaksis berupa kata, klausa dan kalimat majemuk. 
 
Kata kunci : pembelajaran tata bahasa, buku pelajaran SMP

Full Text:

PDF

References


Balai Bahasa. 2015. Manfaat

Tata Bahasa dalam Pendidikan.

Diakses dari

http://www.balaibahasa.com

pada Desember 2015.

Ghazali, Syukur. 2010.

Pembelajaran

Keterampilan

Berbahasa

Dengan Pendekatan

Komunikatif-Interaktif.

Bandung: PT Refika

Aditama.

Maryanto.2008.”Bahasa

Indonesia Lokal Dan

Bahasa Lintas-Kurikulum:

Pendidikan Untuk Semua”.

Makalah disajikan dalam

Seminar Nasional Bahasa

Dan Sastra Indonesia XVI

pada 16-18 Mei 2008 di

Yogyakarta.

Muslich, Mansur. 2010. Garis-

Garis Besar Tata Bahasa Baku

Bahasa Indonesia.

Bandung: PT Refika

Aditama.

Nurhadi. 1995. Tata Bahasa

Pendidikan Landasan

Penyusunan Buku

Pelajaran Bahasa.

Semarang: IKIP Semarang

Press.

Pratiwi, Yuni. 2009. Beberapa

Perspektif Teori

Penyusunan Bahan Ajar

Keterampilan Berbahasa

Indonesia. Diksi. Volume

Nomor 2. Juli 2009.

Suryaman, Maman. 2008.

“Pengembangan Model

Buku Pelajaran Bahasa

Indonesia Berbasis

Pembelajaran Kontekstual”

dalamDiksi. Volume 15

Nomor 1. Januari 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.