EFEKTIVITAS STRATEGI WRITING WORKSHOP DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII MTs NEGERI GODEAN

Rizki Dwi Nur Fauzi

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  (1) mengetahui perbedaan keterampilan menulis   deskripsi antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi  writing workshop  dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi  writing workshop. (2)
mengetahui keefektifan strategi  writing workshop  dalam pembelajaran menulis deskripsi.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian adalah (1) terdapat perbedaan kemampuan menulis deskripsi yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi writing workshop dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi writing workshop pada siswa kelas VII MTs Negeri Godean. Hasil uji-t postes kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh t sebesar 6,666 dan nilai p  sebesar 0,000. Nilai  p  lebih kecil dari 0,05. (2) strategi writing workshop
efektif digunakan dalam pembelajaran menulis deskripsi pada siswa kelas VII MTs Negeri Godean. Hasil uji-t pretes dan postes kelompok eksperimen yang menunjukan nilai t sebesar - 8,221 dan nilai p sebesar 0,000.
 
Kata kunci: strategi writing workshop, menulis deskripsi

Full Text:

PDF

References


Ruddell, Marta Rapp. 2005. Teaching

Content Reading And Writing.

Hoboken, NJ: John Wiley & Sons,

Inc.

Rosyidi, Unifah. 2014. Materi Pelatihan

Guru Implementasi Kurikulum 2013

Tahun 2014 Mata Pelajaran Bahasa

Indonesia SMA/SMK. Jakarta:

Badan Pengembangan Sumber

Daya Manusia Pendidikan dan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.