PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEKS CERITA PENDEK KELAS XI DI SMA NEGERI 1 WONOSARI

Dyta Prasetyo Wahyu Tri Purnomo Putro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran teks cerita pendek di SMA Negeri 1 Wonosari. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, pelaksanaan pembelajaran teks cerita pendek ditinjau dari 6 komponen utama, yaitu (1) pelaksanaan pembelajaran, (2) tujuan pembelajaran, (3) metode, (4) materi, (5) media serta (6) evaluasi pembelajaran (7) kendala dalam
pembelajaran teks cerita pendek.  Dari hasil penelitian dapat ditarik tujuh kesimpulan.
Pertama, pelaksanaan pembelajaran teks cerita pendek berjalan sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran. Kedua, selama pembelajaran teks cerita pendek, tujuan pembelajaran secara
keseluruhan sudah dicapai dengan baik. Ketiga, metode pembelajaran yang dipakai ialah ceramah dan diskusi yang dipadukan dengan pendekatan saintifik, strategi tersebut cukup
efektif digunakan, karena siswa lebih mudah untuk memahami dan memperhatikan penjelasan guru. Keempat, seluruh materi mengenai teks cerita pendek disampaikan pada pertemuan pertama secara runtut sesuai dengan RPP. Sementara pada pertemuan selanjutnya materi pembelajaran tidak sesuai dengan RPP. Materi disampaikan guru dengan baik kepada siswa dengan menggunakan metode ceramah. Kelima, Ada dua media pembelajaran yang dipakai dalam pembelajaran teks cerita pendek di kelas yaitu papan tulis dan LCD proyektor. Dari kedua media tersebut media yang paling sering digunakan guru
ialah papan  tulis. Keenam, Evaluasi dilakukan dalam bentuk ulangan harian dan tugas.
Tugas diberikan guru kepada siswa dalam proses pembelajaran. Selama pengamatan tugas yang diberikan guru selalu dikerjakan dalam proses pembelajaran dan langsung dibahas
pada waktu itu juga dan tidak mempunyai nilai. Ketujuh kendala yang timbul dalam pembelajaran teks cerita cerita pendek antaralain, kurang lengkapnya sarana dan prasarana
seperti LCD dalam kelas, terlambatnya pendistribusian buku dan suara bising dari pembangunan gedung sekolah yang sedang berlangsung.
 
Kata kunci : Pembelajaran, Teks Cerita Pendek

Full Text:

PDF

References


Daryanto. 2013. Media Pembelajaran.

Bandung: Penerbit Alfabeta.

Kemendikbud. 2014. Materi Pelatihan

Guru, Implementasi

Kurikulum 2013 Tahun 2014:

Mata Pelajaran Bahasa

Indonesia SMA/SMK. Jakarta:

Badan Pengembangan Sumber

Daya Manusia Pendidikan dan

Kebudayaan dan Penjaminan

Mutu Pendidikan Kementrian

Pendidikan dan Kebudayaan.

___________. 2014. Bahasa

Indonesia: Ekspresi Diri dan

Akademik. Jakarta: Pusat

Kurikulum dan Perbukuan,

Balitbang, Kemdikbud.

Kosasih, E. 2003. Kompetensi

Ketatabahasaan dan

Kesusastraan Indonesia.

Bandung: Yrama Widya.

Moleong, L J. 2004. Metodologi

Penelitian Kualitatif.

Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2012.

Penilaian Pembelajaran

Bahasa Berbasis

Kompetensi.Yogyakarta:

BPFE.

___________. 2009. Teori Pengkajian

Fiksi. Yogyakarta: Gajah

Mada University Press.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan

Kebudayaan Republik

Indonesia, Nomor 59 Tahun

Sagala, Syaiful. 2014. Konsep dan

makna pembelajaran. Bandung:

Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi

Pembelajaran Berorientasi

Standar Proses Pendidikan.

Jakarta: Kencana

Prenadamedia Group.

Siswoyo, Dwi, dkk. 2011. Ilmu

Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Silvina H, Munaris dan Nazaruddim

K. 2015. Kemampuan

Menulis Cerita Pendek Siswa

Kelas XI SMA Negeri

Gadingrejo. Jurnal KATA,

Vol.3, No.6.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian

Kualitatif dan Kuantitatif dan

R & D. Bandung: Alfabeta.

Suryaman, Maman. 2012. Metodologi

Pembelajaran Bahasa.

Yogyakarta: UNY Press.

Sumardjo, Jakob. 2007. Catatan Kecil

Tentang Menulis Cerpen.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sayuti, Suminto A. 2000. Berkenalan

dengan Fiksi. Yogyakarta:

GAMA MEDIA.

Teguh, Agustina ES dan Nazarudin K.

Pembelajaran Menulis

Cerita Pendek Siswa Kelas VII

SMP Negeri 1 Tumijajar.

Jurnal KATA, Vol.2, No.2.

Wiratno, Tri. 2009. Mencerna Buku

Teks Bahasa Inggris melalui

Pemahaman Gramatika.

Surakarta: Pustaka Pelajar.

Wiyatmi. 2009. Pengantar Kajian

Sastra. Yogyakarta :

Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.