KORELASI KEBIASAAN MEMBACA CERITA ANAK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 SLEMAN

Siti Marwiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kebiasaan membaca cerita anak siswa kelas VII SMP Negeri 4 Sleman, (2) keterampilan menulis teks narasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Sleman, dan (3) korelasi kebiasaan membaca cerita anak terhadap keterampilan menulis teks narasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Sleman.Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan analisis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 4 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 126. Sampel penelitian sejumlah 63 siswa yang ditentukan dengan teknik random atau dengan cara mengundi. Pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Linkert dan tes tulis. Uji instrumen dilakukan dengan telaah ahli dan Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi Product Moment dengan bantuan program IBM SPSS 22.Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan: (1) kebiasaan membaca cerita anak siswa kelas VII SMP Negeri 4 Sleman dengan jumlah sampel 63 siswa dapat diketahui bahwa sebesar 17,46% (11 siswa) berada pada kategori tinggi,  65,08% (41 siswa) berada pada kategori sedang, dan 17,46% (11 siswa) berada pada kategori rendah; (2) keterampilan menulis teks narasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Sleman dengan jumlah sampel 63 siswa dapat diketahui bahwa sebesar 11,11% (7 siswa) berada pada kategori tinggi,  73,02% (46 siswa) berada pada kategori sedang, dan 15,87% (10 siswa) berada pada kategori rendah; (3) ada korelasi yang positif dan signifikan antara kebiasaan membaca cerita anak dengan keterampilan menulis teks narasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Sleman dengan nilai r 0,462 pada taraf signifikansi 1% dan koefisien determinasi 21,3%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada korelasi antara kebiasaan membaca cerita anak terhadap keterampilan menulis teks narasi.

 

Kata kunci: kebiasaan membaca, keterampilan menulis, cerita anak, menulis teks narasi


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.