ANALISIS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS DI SMP NEGERI SE-KABUPATEN SLEMAN

Atika Rifda Karima

Abstract


 

            Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rencana pelaksanaan pembelajaran menulis di SMP Negeri se-Kabupaten Sleman yang meliputi indikator dan tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran dan penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian yakni RPP menulis teks deskripsi dan teks cerita fantasi sebanyak 15 RPP. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan analisis dokumen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian ini adalah human instrument. Teknik analisis data penelitian ini dilaksanakan dengan mengidentifikasi data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data diperoleh dengan membaca dan menelaah semua sumber data secara berulang dan menggunakan teknik triangulasi berupa wawancara kepada guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rumusan indikator pada semua RPP telah sesuai dengan KD. Satu RPP tidak mencantumkan tujuan pembelajaran dan dua RPP mencantumkan tujuan pembelajaran yang tidak sesuai dengan KD. Materi mengacu indikator pembelajaran tetapi hanya berupa pencantumkan pokok-pokok materi. Pemilihan media  pembelajaran sesuai indikator berupa laptop, LCD, gambar dan video, dapat membantu siswa untuk mendapatkan ide dan tema untuk dikembangkan menjadi sebuah tulisan atau teks cerita deskripsi/ cerita fantasi. Kegiatan pembelajaran berisi kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Pada kegiatan inti, langkah-langkah pembelajaran telah mencakup aspek memberi kesempatan siswa aktif, tetapi masih ada beberapa guru yang belum menjabarkan tahapan-tahapan pencapaian indikator atau KD secara tepat. Penilaian sudah sesuai dengan KD dan indikator dan alat penilaian disertai dengan rubrik penilaian. Penilaian pada RPP meliputi penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

 

Kata kunci: Perencanaan Pembelajaran Menulis, Langkah-langkah pembelajaran, Penilaian pembelajaran

 


Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Depdiknas. 2010. Panduan Pengembangan Indikator. Jakarta: BNSP

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia

Jihad, Asep dan Haris Abdul. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. 2013. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.

Mulyasa. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, E. 2008. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan

Wahyuni, Sri dan Ibrahim, Abd S. 2012. Perencanaan Pembelajaran Bahasa Berkarakter. Malang: Refika Aditama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.