ANALISIS MATERI KEBAHASAAN DALAM BUKU PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP/MTs KURIKULUM 2013 TERBITAN KEMENDIKBUD

Mutiarani Endah Wulansari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cakupan materi kebahasaan, kesesuaian materi kebahasaan, dan model penyampaian materi kebahasaan dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII SMP/MTs Kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif. Subjek penelitian ini adalah buku pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII SMP/MTs Kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud. Objek penelitian ini adalah cakupan materi kebahasaan, kesesuaian materi kebahasaan dengan Kurikulum 2013, dan model penyampaian materi kebahasaan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik membaca dan mencatat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis konten deskriptif.

Penelitian ini menghasilkan tiga simpulan. Pertama, cakupan materi kebahasaan dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII SMP/MTs Kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud yaitu materi yang terdapat dalam materi fonologi tidak lengkap, cakupan materi yang terdapat dalam  materi morfologi lengkap, cakupan materi yang terdapat dalam  materi sintaksis tidak lengkap, dan cakupan materi yang terdapat dalam  materi semantik tidak lengkap.Hal tersebut dikarenakan pada masing-masing teks pembahasan materi kebahasaan disesuaikan dengan kebutuhan materi kebahasaan masing-masing teks. Kedua, kesesuaian materi kebahasaan dengan standar isi Kurikulum 2013, ditemukan lima materi fonologi sesuai, tiga materi fonologi tidak sesuai. Semua materi morfologi sesuai dengan standar isi. Tujuh materi sintaksis sesuai standar isi dan satu materi tidak sesuai standar isi. Empat materi semantik sesuai standar isi dan empat materi tidak sesuai standar isi. Hal tersebut dikarenakan kesesuaian materi disesuaikan dengan kompetensi dasar dan indikator masing-masing teks. Ketiga, model penyampaian materi kebahasaan dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII diketahui bahwa materi pendekatan deduktif dan pendekatan induktif.

 

Kata Kunci: buku pelajaran, materi kebahasaan, Kurikulum 2013


Full Text:

PDF

References


Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal (Edisi

Revisi). Jakarta : PT Rineka Cipta

Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik Edisi 4. Jakarta: Gramedia.

Majid, A. 2013. Perencanaan pembelajaran: mengembangkan standar kompetensi guru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Musclich, Mansur. 2010. Text Book Writing Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Muslich, Mansur. 2014. Fonologi Bahasa Indonesia Tinjauan Deskriptif Sistem Bunyi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Mustakim. 1994. Membina Kemampuan Berbahasa: Panduan ke Arah Kemahiran

Berbahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.