DESKRIPSI GAYA MENGAJAR GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII DI SMP

Reni Nuryyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya mengajar guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII di SMP Negeri 5 Yogyakarta meliputi gaya mengajar yang dipilih, kendala guru saat memilih gaya mengajar tertentu, dan penyelesaian permasalahan akibat pemilihan gaya mengajar. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 5 Yogyakarta.

Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini adalah perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, trianggulasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan model analisis Miles dan Huberman untuk diperoleh kesimpulan.

Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah guru telah menerapkan semua gaya mengajar saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Guru menerapkan gaya mengajar klasik pada saat menyampaikan kebersihan, menghormati orang lain, dan saat guru menguatkan materi pelajaran. Gaya mengajar teknologis digunakan oleh guru saat menggunakan media power point untuk menerangkan materi pelajaran di kelas. Gaya mengajar personalisasi digunakan guru saat siswa mencari buku yang sesuai dengan minat mereka, siswa dibebaskan berdiskusi di kelas, dan siswa membuat mind mapping sesuai buku yang mereka pilih. Gaya mengajar interaksional digunakan oleh guru saat melakukan dialog bersama siswa. Kendala dalam menerapkan gaya mengajar adalah siswa kurang memperhatikan, terbatasnya sarana dan prasarana, kurang beragamnya media yang digunakan, keadaan kelas kurang kondusif, sulit mengatur waktu, dan siswa pasif saat diskusi berlangsung. Penyelesaian yang dilakukan guru saat menerapkan gaya mengajar adalah menegur siswa, memberikan lelucon, melakukan kontak pandang, membuat keadaan lingkungan nyaman, membawa siswa ke luar ruang kelas, memberikan kesempatan pada siswa pasif, dan memberikan batasan waktu saat diskusi.

 

Kata Kunci : gaya, mengajar, guru, SMP Negeri 5 Yogyakarta

 

 

 


Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad. 2010. Guru dalam Proses Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Thobroni, Muhammad dan Arif Mustofa. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suparman. 2010. Gaya Mengajar yang Menyenangkan Siswa. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.