ANALISIS KETERBACAAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS VII

Efi Pujijayanti

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan keterbacaan buku teks mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Waktu penelitian dilaksanakan selama 5 bulan dengan subjek berupa buku teks mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 yang terdiri dari buku pegangan siswa dan buku panduan guru. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuisioner dengan instrumen berupa tabel Readability Checklist oleh Richard T Vacca dan Jo Anne L Vacca. Teknik analisis data penelitian ini dilakukan secara desktiptif dengan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis keterbacaan buku teks Bahasa Indonesia kelas VII Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil keterbacaan berdasarkan Readability Checklist yang terdiri dari tiga aspek sebagai berikut: (1) understandability mencapai 67%, (2) usability mencapai 70%, dan (3) interestability mencapai 87%. Nilai tertinggi berada pada aspek interestability karena jawaban “ya” mencapai 87% dan jawaban “tidak” mencapai 0%nilai terendah pada aspek understandability karena jawaban “ya” terendah mencapai 67% dan jawaban “tidak” tertinggi mencapai 17%, pembelajaran guru memerlukan bantuan tambahan yang terbaik pada interestability karena jawaban “ya” mencapai 87%, dan guru selalu membutuhkan bantuan pada aspek understandability karena jawaban “ya” terendah mencapai 67%. Dengan kata lain, buku teks ini telah memiliki kelebihan dengan penyajian yang menarik dan dapat digunakan sesuai materi tetapi memiliki kelemahan karena masih kurang dapat dipahami.

 

Kata kunci : deskriptif kualitatif, keterbacaan buku teks, Readability Checklist



Full Text:

PDF

References


Hafni. 1981.Pemilihan dan Pengembangan Bahan Pengajaran Membaca. Jakarta: PPPG.

Muslich, M. 2016. Text Book Writing: Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA


Refbacks

  • There are currently no refbacks.