UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR ANGKLUNG PESERTA DIDIK MELALUI PENGGUNAAN METODE HAND SIGN KODALY PADA EKSTRAKURIKULER ANSAMBEL MUSIK DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA

Muhammad Rezki Weldhanie

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar angklung peserta didik menggunakan metode hand sign Kodaly pada ekstrakurikuler ansambel musik di SMP Negeri 9 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelasĀ  yang dilaksanakan dalam dua siklus, dan tiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler ansambel musik sebanyak 29 orang dan seorang guru sebagai kolaborator. Penelitian ini menggunakan validitas proses, validitas hasil, validitas katalik, validitas dialogis, dan validitas demokratik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode hand sign Kodaly dapat meningkatkan hasil belajar angklung peserta didik pada kegiatan ekstrakurikuler ansambel musik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata yang dicapai peserta didik, yaitu pada pra siklus sebesar 57,87, siklus I sebesar 60,44 dan siklus II menjadi 65,34. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa metode hand sign Kodaly dapat meningkatkan hasil belajar angklung peserta didik pada ekstrakurikuler ansambel musik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.