HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN TEORI MUSIK DENGAN TEKNIK BERMAIN DALAM PEMBELAJARAN ANSAMBEL MUSIK DI SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA

Setpa Annisaa Falwi

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  dan  mendeskripsikan  hubungan  antara pemahaman teori musik dengan teknik bermain dalam pembelajaran ansambel musik di SMA Negeri  1  Yogyakarta.  Penelitian  ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, adapun diperoleh  jumlah  sampel   sebanyak   50   orang.   Data  dikumpulkan   dengan   tes   untuk memperoleh nilai siswa. Validitas diperoleh dengan uji korelasi product moment dan reliabilitas dengan alpha cronbach. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pemahaman teori musik  dengan  teknik  bermain  dalam  pembelajaran  ansambel  musik  di  SMA  Negeri  1 Yogyakarta, hal ini dibuktikan dari nilai r hitunglebih besar dari r tabel (0,627>0,279). Nilai R2 sebesar 0,393 berarti 39,3% perubahan pada variabel teknik bermain dalam pembelajaran ansambel musik dapat diterangkan oleh pemahaman teori musik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.