UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PAIKEM DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK KELAS VII DI SMP ALOYSIUS DENGGUNG

Paulinus Firda Primawan Satya

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk mengetahui  dan  mendeskripsikan  upaya  peningkatan prestasi belajar Siswa menggunakan Model PAIKEM dalam pembelajaran Seni Musik di SMP  Aloysius  Denggung. Data dikumpulkan dengan observasi, tes hasil  belajar,  dan  dokumentasi.  Teknik  analisis  data  yang  digunakan  adalah  deskriptif persentase.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  model  PAIKEM  dapat  meningkatkan prestasi belajar seni musik siswa kelas VII di SMP Aloysius Denggung. Hal ini dibuktikan dari nilai  rata-rata  prestasi belajar siswa pada saat siklus I sudah ada peningkatan dari pra siklus, dan siklus II sudah ada peningkatan dari siklus I. Hasil prestasi belajar siswa dengan indikator rata-rata nilai ulangan (aspek kognitif) pada pra siklus sebesar 51,68, pada siklus I meningkat menjadi 73,09, dan pada siklus II meningkat  menjadi 79,14. Sedangkan untuk hasil prestasi belajar siswa dengan indikator persentase jumlah siswa yang mencapai KKM pada pra siklus sebesar 18,2 %, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 45,5%. Melalui kegiatan  pembelajaran  siklus  II menggunakan  model  pembelajaran  PAIKEM,  persentase jumlah siswa yang mencapai KKM pada siklus II meningkat menjadi 90,9%.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.