PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI

Muhammad Azis Setya Nugraha, Sukirno Sukirno

Abstract


Abstrak: Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Teman Sebaya dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 2 Purworejo tahun ajaran 2018/2019, 2) Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 2 Purworejo tahun ajaran 2018/2019, 3) Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 2 Purworejo tahun ajaran 2018/2019, 4) Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Teman Sebaya dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua secara bersama-sama terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 2 Purworejo tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis regresi sederhana untuk menguji hipotesis 1, 2 dan 3,  dan analisis regresi ganda untuk menguji hipotesis 4 . Hasil penelitian: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi dengan rx1y = 0,401; r2x1y = 0,161; thitung 4,893; ttabel 1,978; konstanta = 26,870; koefisien X1 = 0,581; koefisien X1 = 0,581 dengan taraf signifikansi 5%. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi dengan rx1y = 0,486; r2x1y = 0,236; thitung 6,212; ttabel 1,978; konstanta X2= 27,145; koefisien X2 = 0,943; dengan taraf signifikansi 5%. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan  Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi dengan rx2y = 0,198; r2x2y = 0,039; thitung 2,255 ; ttabel 1,978; konstanta X3 = 39,984; koefisien X3 = 0,440 dengan taraf signifikansi 5%. 4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua secara bersama-sama terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi dengan Rx123y = 0,565; R2x123y = 0,319; Fhitung 19,179; Ftabel 2,675; konstanta = 6,108; koefisien X1 = 0,396; koefisien X2 = 0,705; koefisien X3 = 0,367; dengan taraf signifikansi 5%.

 

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.