PENGARUH KOMITMEN KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK KANTOR CABANG BRI SLEMAN

Muhammad Harfiansyah Makarim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komitmen kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai PT Bank BRI Kantor Cabang Sleman. Periode yang digunakan untuk mengukur komitmenkerja dan kepuasan kerja selama 2 bulan. Populasi dari penelitian ini 357 dan sampel yang digunakan 100 responden. Teknik pengumpulan sampel menggunakan quota sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis data, komitmen kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa nilai Sig. variabel komitmen kerja adalah 0,027. Kontribusi komitmen kerja untuk menjelaskan kinerja pegawai adalah sebesar 26,9%. Nilai Sig. variabel komitmen adalah 0,014. Kontribusi kepuasan kerja untuk menjelaskan kinerja pegawai adalah 27,8%. Berdasarkan Anova dapat diketahui bahwa nilai Sig. F adalah 0,00. Kontribusi komitmen kerja dan kepuasan kerja untuk menjelaskan kinerja pegawai adalah sebesar 32,2%.

Kata kunci: Komitmen Kerja, Kepuasan Kerja, Kinerja


Full Text:

PDF

References


Aamodt, M. G. (2010). Industrial/ Organizational Psychology: An Appied Approach. Sixth Edition. USA : Wadsworth Cencange Learning.

Dhermawan, Anak Agung Ngurah Bagus dan I Gde Adnyana Sudibya, I Wayan Mudiartha Utama. 2012. Pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja, Kompetensi, dan Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kantor Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bali. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan. Vol.6, No.2

Hersey, Paul, Blanchard, Kenneth H. (1993). Management for organizational behavior, sixth edition. Singapore: Prentice hall.

Mangkunegara. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Luthans, (2006). Perilaku Organisasi. Edisi Sepuluh, PT. Andi: Yogyakarta.

Mudiartha Utama, I Wayan. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Denpasar: Universitas Udayana.

Robbins, Stephen P & Judge, Timothy A. (2013). Organizational Behavior Edition 15. New Jersey: Pearson Education

Hardjanto. (2010). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hardiansyah, Haris. (2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif.Jakarta: Salemba Humanika.

Umar, Husein. (2005). Metode penelitian. Jakarta: Salemba Empat.

Gay, L.R. dan Diehl, P.L., (1992). Research Methods for Business and Management. New York: MacMillan Publishing Company.

Ghozali, Imam. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM

SPSS 20. Semarang: Universitas Diponegoro.

Sapitri(2016) “Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Perusahaan Listrik Negara (PLN) Area Pekanbaru”. JOM FisipVol. 3 No. 2 Oktober 2016.

Hasibuan, Malayu S.P. (2007). Peningkatan kepuasan kerja pegawai. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Juniantara, Riana (2015). Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Koperasi di Denpasar. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.