ANALISIS FAKTOR PENJELAS PENDAPATAN MARGIN MURABAHAH PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA

Achmad Kenny Setyaji

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel Biaya Operasional, Dana Pihak Ketiga, Volume Pembiayaan Murabahah dan Inflasi terhadap Pendapatan Margin Murabahah pada bank umum syariah di Indonesia. Periode yang digunakan dalam penelitian ini adalah selama 4 tahun, mulai dari tahun 2013 sampai dengan tahun 2016. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 13 bank umum syariah yang sudah dan masih terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan periode 2013 – 2016. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 11 bank umum syariah. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Biaya Operasional tidak berpengaruh terhadap Pendapatan Margin Murabahah, Dana Pihak Ketiga dan Volume Pembiayaan Murabahah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pendapatan Margin Murabahah, sedangkan Inflasi berpengaruh negatif dan signifikan tehadap Pendapatan Margin Murabahah. Hasil uji ketepatan model dilakukan menggunakan uji F memiliki nilai  F hitung sebesar 29,055 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Kemampuan prediksi dari keempat variabel terhadap Pendapatan Margin  Murabahah sebesar 39,1% sebagaimana ditunjukan oleh besarnya adjusted R square sebesar 0,391 sedangkan sisanya 60,9% dipengaruhi faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian. Persamaan regresi linier berganda dalam penelitian ini dirumuskan dengan Y = 0,335 – 0,102 BOP + 0,267 DPK + 0,502 VP Murabahah – 0,523 i + e

 

Kata kunci: Biaya Operasional, Dana Pihak Ketiga, Volume Pembiayaan Murabahah, Inflasi dan Pendapatan Margin Murabahah


Full Text:

PDF

References


Abhiyoga, S. R. (2013). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Margin Murabahah Pada Bank Umum Syariah Periode 2013-2015. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan. Kalijaga, Yogyakarta.

Adi, M. I. K. (2013). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Margin Pembiayaan Murabahah (Studi Kasus pada BRI Syariah dan Bank Mega Syariah). Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Antonio, M.S. (2001). Bank Syariah: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani Press.

Arifin, Z. (2006). Dasar-Dasar Manajemen Bank Syariah. Jakarta: Pustaka Alvabet.

Arumdhani, Astri, Septiani, R. (2012). Pengaruh pembiayaan murabahah dan tingkat suku bunga BI terhadap pendapatan margin murabahah pada PT bank Syariah Mandiri. Jurnal riset Akuntansi, 4, Nomor 1.

Djuwaini, D. (2008). Pengantar Fiqih Muamalah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Halim, A. (1996). Dasar-dasar Akuntansi Biaya (4th ed.). Yogyakarta: BPFE.

Hosen, M. Nadratauzzaman, Jihad. (2009). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan Pembiayaan Murabahah Bank Syariah di Indonesia (periode Januari 2004-Desember 2008). Dikta Ekonomi, 6, Nomor 2.

Janwari Y. (2002). Lembaga- Lembaga Perekonomian Umat (Sebuah. Pengenalan). Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Juniwati, E. H. (2011). Pengaruh Biaya Operasional, Bagi Hasil DPK, dan Bunga kredit Bank Konvensional terhadap Margin Pembiayaan Murabahah (Studi Kasus di PT. Bank Syariah Mandiri). Ekspansi, 3, 189-208.

Karim, A. (2004). Bank Islam: Analisis Fiqih dan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mankiw, N. & Gregory. (2006). Pengantar Ekonomi Makro. Ghalia Indonesia: Jakarta

Muhammad. (2002). Manajemen Bank Syari’ah. Yogyakarta : UPP AMP YKPN.

Nihayati L. (2015). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penetapan Margin Murabahah Untuk Produk Pembiayaan Pemilikan Rumah Studi Kasus: PT Bank Syariah Mandiri. Skripsi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta.

Nugroho, A. (2005). Analisis faktor-faktor yang Mempengaruhi Margin Pembiayaan Murabahah, Studi Kasus Pada PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Skripsi, Universitas Indonesia, Jakarta.

Permataatmadja, K. & Antonio, M. S. (1992). Apa dan Bagaimana Bank Islam. Yogyakarta: Dana Bhakti Wakaf.

Rahmawati, F. A. & Rokhman W. (2015). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Penetapan Margin pada Pembiayaan Murabahah di BMT Se-Kabupaten Jepara. Equilibrium, 3, 238-253.

Untoro, A. (2010). Ekonomi. Jakarta: Kawah Media.

Yaya, R. Martawireja, A. E. Abdurahim, A. (2009). Akuntansi Perbankan Syariah: Teori dan Praktik Kontemporer. Jakarta: Salemba Empat.

Zaenuri, F. (2012). Analisis Pengaruh Variabel Biaya Operasional, Volume Pembiayaan Murabahah, Bagi Hasil DPK, Inflasi dan BI Rate terhadap Margin Murabahah (Studi Kasus pada PT Bank BRI Syariah). Skripsi, Universitas Indonesia, Depok.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.