PENGARUH IDIOSYNCRATIC RISK DAN LIKUIDITAS SAHAM TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Latifah Dwi Anggiyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Idiosyncratic Risk, dan Likuiditas Saham terhadap Return Saham Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Periode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tiga tahun yaitu mulai tahun 2014-2016. Desain penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal. Populasi penelitian meliputi perusahaan manufaktur yang sudah dan masih terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2016. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Idiosyncratic Risk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return Saham Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Likuiditas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return Saham Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

              

Kata Kunci: Return Saham, Idiosyncratic Risk, Likuiditas Saham


Full Text:

PDF

References


Barberis, N. and M, Huang. (2001), Mental Accounting, Loss Aversion, and Individual Stock Returns. Journal of Finance. Vol 56:4, 1247-1292.

Davesta, R. (2013). Pengaruh Risiko Sistematis dan Likuiditas Saham terhadap Return Saham pada industri Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2010-2012. Jurnal Manajemen.

Ernanto. (2016). Pengaruh Frekuensi Perdagangan, Volume Perdagangan, dan Kapitalisasi Pasar terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta.

Fama, Eugene F. and James D, Macbeth. (1973). Risk, Return and Equilibrium: Empirical Test, Journal of Political Economics. Vol 81, 607-636.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 20. Cetakan VI. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Levy, H. (1987). Equilibrium in an Imperfect Market: A Constraint on the Number of Securities in the Portfolio, American Economic Review. Vol.68 Hal 643-658.

Mughni, M. (2017). Pengaruh Likuiditas Leverage dan Profitabilitas terhadap Return Saham. Bandung.

Murhadi, W.R. (2013). Pengaruh Idiosyncratic Risk dan Likuiditas Saham terhadap Return Saham, 15, 33-40.

Safitri (2014). Analisis Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Leverage terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2009-2013. e-Journal Akuntansi. Vol 3 No 1 Tahun 2015.

Setiyanti, S.W. (2012) Pengaruh Likuiditas Saham dan Harga Saham terhadap Return Saham Perusahaan Investasi Komoditi Emas yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta (BEJ). Jurnal Ekonomi.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Tandelilin, E. (2001). Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Wan, Chi. (2008). Idiosyncratic Volatility, Expected Windfall and The Cross Section of Stock Returns. Working papers. Boston College.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.