ESTIMASI KESALAHAN BAKU PENGUKURAN SOAL UAS MATEMATIKA SMAN DI KOTASELATPANJANG KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI

Dedek Andrian, Djemari Mardapi

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1) mengestimasi kesalahan pengukuran soal-soal UAS Mata Pelajaran Matematika SMAN Jurusan IPA dan IPS yang dirancang oleh guru SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, MAN; dan (2) melihat akurasi berbagai metode dalam mengestimasi kesalahan baku pengukuran.Analisis data didasarkan pada respon peserta didik terhadap perangkat tes UAS kelas XII Mata Pelajaran Matematika tahun ajaran 2013/2014. Sumber data berupa lembar jawaban dari 288 siswa SMAN 1, 215 dari SMAN 2, 103 dari SMAN 3, dan 101 dari MAN. Analisis butir soal perangkat tes tersebut dilakukan dengan Metode Thorndike, Metode compound binomial, Metode Analisis Varians, dan Metode Teori Respons Butir. Hasil analisis estimasi kesalahan baku pengukuran berdasarkan Metode Thorndike terkecil terdapat pada perangkat tes SMAN 1 Jurusan IPA, sedangkan nilai terbesar terdapat pada perangkat tes SMAN 3 Jurusan IPA. Berdasarkan Metode compound binomialnilai estimasi kesalahan pengukuran terkecil terdapat pada perangkat tes MAN Jurusan IPS, sedangkan nilai terbesar terdapat pada perangkat tes SMAN 3 Jurusan IPA. Berdasarkan Metode Analisis Varians nilai estimasi kesalahan baku pengukuran terkecil terdapat pada perangkat tes SMAN 3 Jurusan IPS, sedangkan nilai terbesar terdapat pada perangkat tes SMAN 1 Jurusan IPS. Berdasarkan Metode Teori Respons Butir nilai estimasi terkecil terdapat pada Model Logistik 1-Parameter pada perangkat tes MAN Jurusan IPA, yaitu pada θ=0 dengan nilai sebesar 0,322, sedangkan nilai estimasi terbesar terdapat pada Model Logistik 3-Parameter pada perangkat tes MAN Jurusan IPS, yaitu pada θ=-3 dengan nilai sebesar 2,232. Akurasi Metode estimasi kesalahan baku pengukuran secara berturut-turut adalah Metode compound binomial, Metode Thorndike, Metode Analisis Varians dan Metode Teori Respons Butir, yaitu 0,917, 1,953, 2, 108 dan 2,23.

Keywords


estimasi; kesalahan pengukuran; perangkat tes

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



e-ISSN: 2443-1958

Creative Commons License
Jurnal Evaluasi Pendidikan by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats