ANALISIS KUALITAS SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER MATA PELAJARAN KIMIA SMA DI KABUPATEN GOWA

Muh Syahrul Sarea, Samsul Hadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas butir soal UAS Kimia XII SMA di Kabupaten Gowa berdasarkan hasil analisis: (1) teoritis butir soal oleh ahli, (2) empiris dengan pendekatan teori tes klasik, dan (3) empiris dengan pendekatan teori respon butir. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan analisis dokumen. Objek penelitian ini adalah perangkat soal dan seluruh lembar jawaban ujian akhir semester yang diperoleh dari empat sekolah di Kabupaten Gowa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal UAS kimia: (1) di SMAN 2 Sungguminasa berdasarkan analisis teoritis 80% memiliki kualitas baik, berdasarkan analisis empiris dengan pendekatan teorites klasik 5% memiliki kualitas baik, dan berdasarkan analisis empiris dengan pendekatan teori respon butir 24,13% memiliki kualitas baik; (2) di SMAN 1 Bontomarannu berdasarkan analisis teoritis 60% memiliki kualitas baik, berdasarkan analisis empiris dengan pendekatan teoretis klasik 60% memiliki kualitas baik, dan berdasarkan analisis empiris dengan pendekatan teorirespon butir 9,52% memiliki kualitas baik; (3) di SMAN 1 Bontonompo berdasarkan analisis teoritis 100% memiliki kualitas baik, berdasarkan analisis empiris dengan pendekatan teorites klasik 32,5 % memiliki kualitas baik, dan berdasarkan analisis empiris dengan pendekatan teori respon butir 31,81% memiliki kualitas baik; (4) di SMAN 3 Sungguminasa berdasarkan analisis teoritis 75% memiliki kualitas baik, berdasarkan analisis empiris dengan pendekatan teori tes klasik 55 % memiliki kualitas baik, dan berdasarkan analisis empiris dengan pendekatan teori respon butir 7,14% memiliki kualitas baik.

Keywords


kualitas instrumen; teori respon butir; teori tes klasik; analisis teoritis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



e-ISSN: 2443-1958

Creative Commons License
Jurnal Evaluasi Pendidikan by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats